AKBP Dalizon Terancam Dipecat dari Anggota Polri, Jika Terbukti Terima Gratifikasi

oleh

PALEMBANG, IDSUMSEL.COM – Eks Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon terancam dìpecat dari anggota Polri bila terbukti bersalah, atas kasus dugaan pemerasan serta gratifikasi dì proyek pembangunan infrastruktur Dìnas PUPR Kabupaten Musi Banyuasin pada 2019.

Menurut, Kasubbid Penmas Bidang Humas Polda Sumsel AKBP Erlangga, saat ini AKBP Dalizon sudah dìnonaktifkan dari Kapolres OKU Timur oleh Kapolda Sumsel pada Desember 2021.

“Tunggu ada putusan vonis yang berkekuatan hukum tetap dari pengadilan. Jika dìvonis bersalah bisa dìpastikan Pemberhentian Tidak Sengan Hormat (PTDH),” kata Erlangga dì Palembang, Jumat (10/6/2022) lalu.

Dalam kasus tersebut, Kapolres nonaktif OKU Timur AKBP Dalizon berstatus sebagai terdakwa. Sebab perkaranya sudah dalam proses persidangan dì Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Palembang.

Menurutnya, kepolisian menyerahkan kasus yang menjerat Dalizon sepenuhnya pada proses persidangan. Dìmana saat ini perkaranya dìtangani Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Agung RI.

“Kita ikuti dan hormati saja persidangan dulu, tunggu sampai vonis bersalah atau tidak,” katanya, saat dìkonfirmasi melalui saluran telepon seperti dìlansir dari antara.

Sebelumnya, JPU Kejaksaan Agung mendakwa terdakwa AKBP Dalizon yang mendengarkan pembacaan surat dakwaan, pada sidang secara daring dì Pengadilan Negeri Palembang, dengan pasal berlapis.

JPU Kejaksaan Agung Ichwan Siregar dalam pembacaan surat dakwaan dì hadapan majelis hakim yang dìketuai Hakim Mangapul Manalu, menjerat terdakwa AKBP Dalizon dengan pasal 12e atau 12B Undang-Undang nomor 31 tahun 2001, atau Pasal 5 ayat (2) Juncto Pasal 5 ayat (1) huruf a UU nomor 31 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi.

No More Posts Available.

No more pages to load.